Tips Memulai Bisnis Jasa Fotografi Produk

No Comments

Anda sedang tertarik untuk memulai bisnis jasa fotografi produk? Memang di era digital dan semakin bertumbuhnya E-Commerce serta website toko online membuat juga semakin meningkat kebutuhan untuk fotografi produk.

Segala upaya dilakukan oleh pemilik bisnis agar produk yang ditampilkan lebih menarik dari para kompetitor lainnya. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab yang jelas, karena dengan menampilkan foto produk yang lebih pastinya akan memberikan efek bagi penjualan produk itu sendiri.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis jasa fotografi produk? Apa saja yang dibutuhkan diawal untuk membuka bisnis tersebut? Berikut ini pembahasan yang bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin membuka jasa fotografi produk.

Keahlian

Diawal pastinya keahlian Anda dalam menjalankan bisnis jasa fotografi produk, mulai dari pemahaman dasar fotografi, penggunaan alat, pengaturan anggaran, penyusunan tim, persiapan portofolio, pemasaran jasa fotografi produk dan di akhir adalah evaluasi keseluruhan pengerjaan yang telah dilakukan.

Keahlian dibidang ini dapat Anda pelajari sendiri atau mengikuti pembelajaran akademis atau melalui private atau melalui perorangan. Setidaknya dasar dari dunia fotografi yang baik dan benar sudah Anda pahami. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda tidak mengalami kebingungan saat menyelesaikan suatu projek.

Peralatan

Ya untuk menjalankan bisnis jasa fotografi produk Anda pasti akan memerlukan berbagai peralatan utama hingga peralatan penunjang seperti kamera, lensa, lampu studio, berbagai reflektor, flash eksternal, kabel sinkronasi, dan lainnya.

Peralatan tersebut sebaiknya sudah dipersiapkan sejak awal berjalannya bisnis jasa fotografi produk. Karena tanpa peralatan penunjang Anda tidak dapat menjalankan bisnis ini.

Anggaran

Penetapan anggaran juga penting saat memulai bisnis jasa fotografi produk. Bila Anda melakukannya bersama dengan tim, maka Anda sudah harus tau biaya gaji, transportasi dan yang paling penting adalah biaya untuk fotografi yang ditawarkan ke pelanggan Anda.

Pembentukan anggaran juga sebaiknya dipisah dari keuangan pribadi. Karena bila hal tersebut dilakukan akan membuat anggaran bisnis yang sedang berjalan akan berantakan. Siapkan juga anggaran untuk berbagai urusan yang tak terduga dan perawatan peralatan yang digunakan.

Tim

Walau masih awal, namun ada baiknya Anda membentuk tim dari orang-orang yang memang menyukai bidang ini. Dengan perasaan dan keahlian tim, dapat membantu Anda menyelesaikan setiap projek dengan baik. Seringlah melakukan komunikasi ke setiap anggota tim. Lakukanlah meeting untuk mendengarkan mereka memberikan masukan mengenai apa yang perlu diperbaiki dan dikembangkan.

Tim Anda pun bisa saja bukan dari bidang yang sama, seperti anggota penata busana, make up, editing foto, dan lainnya. Tim yang solid adalah tim yang dapat maju dan berkembang menyelesaikan berbagai projek fotografi produk.

Portofolio

Portofolio, mendengar kata tersebut pasti Anda sudah tahu harus bagaimana bukan? Ya Anda sebaiknya terus menyusun portofolio bisnis Anda dengan baik. Kumpulkan setiap hasil projek yang Anda kerjakan bersama tim.

Anda dapat membangun portofolio dalam bentuk buku, website atau media sosial. Dengan memiliki portofolio pastinya akan mampu memberikan rasa percaya bagi para calon pelanggan Anda.

Pemasaran

Lakukanlah pemasaran jasa fotografi Anda dengan berbagai cara seperti offline dengan menyebarkan brosur sederhananya atau online dengan menjalankan iklan di Google atau media sosial seperti Instagram. Teknik pemasaran yang baik mampu membantu Anda mendapatkan pelanggan potensial.

Evaluasi

Setelah semua poin diatas berjalan, maka selanjutnya lakukanlah evaluasi. Dengan melakukan evaluasi, maka Anda akan dapat melihat perkembangan bisnis jasa fotografi Anda dengan baik. Setidaknya Anda pun mendapatkan tolak ukur dan pilihan baru dalam mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik.

Itulah berbagai tips memulai bisnis jasa fotografi produk yang dapat Anda ikuti. Selain poin diatas Anda juga dapat memberikan poin lainnya yang dapat juga mendukung bisnis jasa fotografi. Memulai bisnis memang perlu niat dan konsisten yang kuat agar dapat tercapai dan berjalan terus menghadapi setiap masalah yang timbul. Sekian pembahasan jasa fotografi produk semoga Anda dapat terinspirasi akan artikel diatas.

Categories: Business

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *